Mari Bekerja Untuk Indonesia !!

PKS Working Party

Senin, September 07, 2009

Peserta Tasqif Ramadhan Membludak


Bogor Tengah -- Alhamdulillahi robbil 'alamin DPC Bogor Tengah telah melaksanakan kegiatan Tarbiyah Tsaqofiyah Ramadhan dengan mengangkat tema "Mencintai Al Qur'an dan Tips Menghapal Qur'an" bersama Ust. H. Taufik Hammim Effendi, Lc, MA Al-Hafidz pada hari Ahad, 6 September 2009. Di luar dugaan panitia, peserta kegiatan ini begitu membludak hingga masjid AG yg menjadi tempat acara ini penuh sesak. Ruangan utama masjid terisi penuh, sehingga sebagian peserta menggunakan teras masjid samping dan belakang serta ruang sholat lantai 2 untuk tetap bisa menikmati acara ini.

Tema yg diangkat barangkali telah menarik minat peserta sehingga mereka berduyun-duyun hadir ke tempat ini. Selain DPC Bogor Tengah, acara ini juga diikuti oleh kader-kader dari DPC Bogor Timur. Pembicara membedah buku beliau yg berjudul "Jurus Jitu Menghapal Al Quran" setelah sebelumnya di bedah di New Zealand dan Bontang, Kaltim. Jumlah peserta di Boteng yg mencapai lebih dari 300 orang merupakan yg terbanyak selama acara bedah buku ini.

Hal ini tidak mengherankan, mengingat selain temanya menarik ditambah dengan suasana bulan Ramadhan yang membuat para kader bersemangat untuk menuntut ilmu. Apalagi buku "Jurus Jitu Menghapal Al Quran" sebanyak 80 buah yg dijual oleh panitia, ludes hanya dalam hitungan beberapa menit. Sehingga banyak peserta yg tidak kebagian.

Ust. Taufik Hamim Effendi memaparkan dalam ceramahnya pentingnya menghapal Qur'an karena Allah SWT berjanji memberikan kedudukan yg mulia bagi mereka yg menghapal Qur'an. Termasuk kisah ketika usai peperangan banyak sahabat yg wafat, maka Rasulullah SAW mendahulukan yg lebih banyak hapalan Qur'annya untuk dimakamkan terlebih dahulu karena kemuliannya. Beliau juga memaparkan 16 "jurus jitu" yang insyaAllah akan membuat kita lebih mudah dalam menghapal Al Qur'an. Namun, sebelum menghapal Qur'an seharusnya lebih dipriotitaskan dahulu kegiatan Tahsin Tilawah (Memperbaiki Bacaan) Al Qur'an, agar ketika menghapal tidak ada kesalahan dalam bacaan.

Acara yg berlangsung 2 jam ini masih dirasa kurang oleh peserta dan 12 pertanyaan yg diajukan peserta masih juga belum mampu memenuhi hasrat mereka untuk belajar lebih banyak tentang menghapal Al Qur'an. Sehingga selepas acara masih banyak pertanyaan yg masuk melalui sms kepada ustadz. Namun, karena selepas ini pembicara akan mengisi acara di Bekasi maka acara pun disudahi pukul 11.00. Sebagai penutup acara, ustadz menampilkan beberapa video kegiatan tahfidz qur'an di beberapa negara. Misalkan di Tajikistan, kegiatan tahfidz diikuti oleh anak-anak kecil yg telah hafidz dalam usia yg sangat muda. Video-video ini semakin menambah semangat para peserta untuk menghapal Qur'an.


Menteri Pertanian Ikutan Tasqif Ramadhan

Ada satu pemandangan menarik pada kegiatan Tasqif Ramadhan kali ini, yaitu kedatangan tamu istimewa Bpk Anton Apriyantono Menteri Pertanian RI. Beliau hadir paling awal sebelum peserta lain datang. Beliau hadir tanpa pengawalan protokoler dan langsung menyetir sendiri ke tempat acara dengan menggunakan mobil kijang lawasnya. Sungguh hal ini menjadi tauladan kepada kita betapa tokoh seperti Bpk Anton Apriyantono begitu tawadhu' dan dengan bersemangat mengikuti acara tasqif ramadhan ini hingga selesai.

Sebagai kelanjutan kegiatan Ansyitoh Ramadhan ini, insyaAllah pekan depan hari Ahad, 13 September 2009 di Masjid Salman Al Farisi* akan diadakan kegiatan Dauroh Qur'an bersama Ust. DR. Amir Faishol Fath yang akan mengkaji tematik Tafsir Ayat-ayat Ramadhan.

Semoga Allah SWT senantiasa melapangkan hati kita dalam mempelajari Al Qur'an. Amin.


Download Materi Tasqif :

1. Jurus Jitu Menghapal Al Qur'an (1.27 MB)
2. Video Halaqoh Tahfidz Qur'an (33.26 MB)

NB: Tempat Dauroh Qur'an akan diumumkan lebih lanjut apakah di Masjid Salman atau Masjid Ar Rahman.

1 komentar:

Hermawan Wicaksono mengatakan...

wah

salman kan di bandung :p...kekekek